Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami

kerutan-di-wajah.jpg

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah – Menjadi tua memang merupakan proses yang alamiah, setiap orang mengalaminya. Namun terlihat lebih tua di usia muda bukanlah hal yang setiap orang inginkan dan alami, pasti terdapat faktor-faktor internal dan eksternal yang menyebabkannya. Umumnya, penuaan (aging) terjadi pada umur 40 tahun keatas, namun karena faktor tertentu, penuaan terjadi lebih dini.

Inilah salah satu yang menyebabkan adanya kerutan di seluruh tubuh, tangan, kelopak mata hingga permukaan wajah, sehingga seseorang terlihat lebih tua daripada umurnya. Dalam artikel ini Anda bisa menemukan beberapa cara menghilangkan kerutan wajah tanpa obat-obatan, sehingga wajah tampak lebih muda dan sehat tentunya. Untuk lebih jelasnya, baca terus sampai bawah ya.

Penyebab Kerutan di Wajah

Sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami tanpa bantuan obat-obatan, ada baiknya Anda mengetahui latar mengapa terjadi kerutan pada wajah.

Kerutan pada wajah ditandai dengan beberapa area kulit yang mengendur, sehingga timbul kerutan yang berlapis-lapis. Pada usia matang, kerutan ini mungkin tidak terlalu kelihatan, namun jika sudah menginjak masa tua (menopause), kerutan ini bisa sangat kentara.

Kerutan yang kentara juga bisa saja terjadi karena adanya penuaan dini (premature aging), yang terjadi pada usia muda antara 20-30 tahun. Penuaan dini ini bisa terjadi pada usia 20an dikarenakan adanya faktor eksternal dan internal.

Seseorang dengan kerutan wajah yang kentara menjadi terlihat kurang menarik, hal inilah yang membuat banyak orang rela menghabiskan banyak uang hanya agar kerutan di wajah menghilang.

Mengapa terjadi kerutan pada wajah? Inilah pertanyaan yang coba dijawab oleh banyak scientist. Secara garis besar, terdapat dua tipe penyebab kerutan pada wajah, yang pertama adalah faktor internal.

Faktor internal ini meliputi kondisi kesehatan, genetika, tingkat stress, hormon, kejiwaan, dan metabolisme. Sedangkan faktor eksternal meliputi radikal bebas yang bersumber dari lingkungan yang buruk, sinar matahari berlebih, pola makan yang sangat buruk seperti merokok dan minum alkohol, dan faktor kelembaban udara.

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Bahan Alami

Setelah Anda mengetahui latar mengapa terjadi kerutan pada wajah, sekarang waktunya Anda mengetahui beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah tanpa obat-obatan. Tanpa obat-obatan disini berarti merepresentasikan penggunaan cara-cara alami, tanpa obat-obatan medis seperti pil, injeksi, suntikan, cangkok, metode operasi dan lain-lain. Seperti yang Anda tahu, cara alami memang merupakan cara yang paling aman, bebas dari efek samping.

Dengan kemauan tinggi dan kesabaran yang dimiliki semua yang dilakukan akan mudah mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dan cepat:

1. Minyak Kelapa Alami

minyak-kepala.jpg

Untuk mendapatkan olahan minyak kelapa alami bisa dilakukan dengan cara memarut kelapa. Atau jika tidak ingin repot, Anda bisa membelinya di beberapa toko yang menyediakannya. Saat membeli, perhatikan minyak yang dibeli, harus produk asli. Berikut cara menghilangkan kerutan di wajah dengan minyak kelapa alami:

  • Persiapkan minyak kelapa alami yang telah dibeli
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • Oleskan secera merata ke bagian yang mengalami kerutan
  • Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu.

2. Tomat

manfaat-mengkonsumsi-tomat-setiap-hari.jpg

Buah tomat di percaya dari jaman dahulu untuk menjaga dan menghindarkan wajah dari kerutan. Langkah mengatasi kerutan di wajah dengan bahan alami berupa tomat:

Blender dua buah tomat hingga halus.

Campurkan tomat yang dihaluskan dengan dengan satu sendok makan madu

  • Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Lakukan dua kali sehari, pagi setelah bangun tidur dan malam menjelang tidur.
  • Usahakan kondisi wajah tetap bersih saat akan di oleskan.
  • Setelah kering, Cuci hingga bersih dengan air hangat. Lalu dilanjutkan dengan air dingin. Air dingin di maksudkan untuk menutup kembali pori pori.

3. Timun

Buah timun digunakan sebagai produk kecantikan untuk pembersih wajah. Selain itu, buah timun memiliki sifat mendinginkan wajah sehingga bermanfaat untuk menghilangkan kerutan. Berikut cara menghilangkan kerutan di wajah dengan timun:

  • Parutlah timun secukupnya
  • Oleskan parutan tersebut pada wajah yang berkerut
  • Lakukan secara rutin ( 2 Kali dalam Seminggu ) untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

4. Daun Teh

Daun teh bermanfaat dalam mengurangi kerutan di area wajah. Berikut cara membuat masker tradisional dari bahan teh:

  • Haluskan dauh teh secukupnya.
  • Tambahkan madu pada teh tersebut
  • Oleskan pada area dahi, mata hingga seluruh permukaan wajah.
  • Lakukan secara rutin 2x dalam seminggu.

5. Putih Telur

Tidak hanya kerutan, dengan putih telur Anda bisa mendapatkan wajah kencang. Berikut cara menghilangkan kerutan di wajah dengan putih telur:

  • Cuci muka hingga bersih
  • Pisahkan bagian kuning dari putih telur
  • Oleskan putih telur secara merata.
  • Diamkan hingga kering, lalu cuci dengan air hangat.
  • Bilas dengan air dingin. Wajah anda akan lebih halus dan kencang alami.
  • Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Selain bahan alami di atas, cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kerutan pada wajah adalah dengan menggunakan ramuan herbal. Beberapa tanaman herbal memiliki kandungan yang sangat berguna untuk mengatasi kerutan pada wajah. Berikut beberapa ramuan herbal yang dapat Anda coba di rumah:

Jahe: Anda bisa membuat teh jahe dua kali sehari, atau Anda bisa mencampurkan irisan jahe dengan madu, dan konsumsi setiap pagi hari.

Lidah buaya: caranya sangat mudah, potong-potong lidah buaya, lalu tempelkan pada area kerutan pada wajah, biarkan selama 15 menit, dan basuh dengan air hangat.

Kelabat: Anda bisa mencuci muka dengan rebusan air biji kelabat.

Lemon: belah-belah satu buah lemon, lalu tempelkan pada area kerutan, biarkan selama 15 menit, bersihkan dengan air hangat.

Rekomendasi

Cara yang paling aman dan efektif dalam menghilangkan kerutan pada wajah adalah dengan melakukan meditasi rutin. Mengapa harus meditasi? Meditasi dapat memperlampat hilangnya sel-sel pada wajah yang merupakan penyebab adanya kerutan.

Jika Anda pernah membeli krim anti aging, mungkin Anda pernah melihat tulisan telomerase pada label krim tersebut. Telomerase merupakan salah satu enzim yang dapat memperlambat hilangnya sel pada wajah.

Itulah mengapa telomerase sering ditemukan pada krim-krim anti aging berharga mahal. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California mengemukakan bahwa meditasi dapat meningkatkan pertumbuhan telomerase pada tubuh, sehingga sangat berguna untuk menghilangkan kerutan pada wajah.

Cara Sederhana Mencegah Keriput di Wajah agar Tampak Halus

Memiliki kulit wajah yang halus tentu menjadi dambaan setiap kaum wanita, namun beberapa kondisi tertentu ternyata bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan tidak halus.

Seperti akibat paparan sinar matahari secara langsung, perubahan hormon pada siklus menstruasi maupun penggunan produk kosmetika yang tidak tepat. Jika Anda ingin kulit wajah tetap halus serta mencegah keriput di wajah, lakukan panduan yang kami kutip dari situs sheknows.com:

1. Stop Melakukan Perawatan Wajah

Jika selama ini Anda menggunakan berbagai produk untuk perawatan wajah karena ingin mendapatakan kulit halus secara instan, maka cobalah untuk menghentikannya dan rasakan perbedaannya.

Seorang dermatologis di Suny Downstate Medical Center New York City, Dr. Jessica Krant mengungkapkan bahwa langkah pertama untuk mendapatkan kulit yang halus adalah berhenti melakukan perawatan pada kulit wajah apapun bentuknya.

Menurutnya, produk kecantikan tersebut justru sering memicu terjadinya iritasi, kulit kering, hingga menimbulkan garis halus di wajah.

2. Hindari mencuci muka secara berlebihan

Mungkin Anda menganggap bahwa mencuci muka bisa membuat wajah lebih bersih dan halus. Memang benar membersihkan wajah dari sisa riasan atau make up akan membuat wajah lebih bersih, namun bila dilakuka secara berlebihan (lebih dari 3 kali sehari) justru akan membuat kulit wajah rentan terhadap iritasi dan kekeringan.

3. Stop Kebiasaan Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat bukanlah jalan keluar untuk mengatasi jerawat karena justru akan membuat peradangan menjadi lebih parah dan bisa menimbulkan bekas luka yang susah hilang.

4. Eksfoliasi dengan Bahan Alami

Anda bisa melakukan eksfoliasi secara rutin dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati di kulit wajah. Eksfoliasi secara rutin mampu meningkatkan kelembaban kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit sehingga kulit akan lebih halus.

Selain itu eksfoliasi juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang akan menjaga kekencangan kulit wajah Anda secara efektif.

5. Membersihkan Kuas Make Up

Kuas make up bisa menjadi sarang perkembangbiakan bakteri bilamana tidak dibersihkan, hal ini akan memicu beberaa gangguan kulit yang susah dihilangkan seperti jerawat dan keriput.

6. Mengkonsumsi Makanan yang Tepat

Cara menghilangkan kerutan pada wajah lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Untuk menghilangkan kerutan, beberapa nutrisi bisa menjadi patokan makanan yang pas. Nutrisi tersebut adalah omega-3, antioksidan, protein berkualitas, isoflavon, zat besi, vitamin A, vitamin E, vitamin C dan lain-lain. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut adalah telur, hati, sayuran/buah dengan warna pekat, kacang-kacangan, biji bunga matahari, kerang, teh hijau dan lain-lain.

7. Banyak Konsumsi Air Putih

Meski tampak sepele, namun air putih bermanfaat dalam pembentukan wajah yang halus. Selain penting untuk kesehatan, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari bisa membuat kulit lebih halus dan elastis. Air dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga wajah kelembabab wajah tetap terjaga. Selain itu garis halus di wajah pun dapat tersamarkan secara lebih efektif.

8. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Selain bisa menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kusam, sinar matahari juga bisa merusak kulit sehingga terlihat kering dan kasar. Untuk mencegah keriput pada kulit wajah, pastikan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari langsung, seperti mengaplikasikan sunblock yang tepat atau menggunakan topi.

9. Gunakan Pelembab

Pelembab berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit wajah agar tidak kering dan tetap terhidrasi. Selain itu gunakan produk yang terbuat dari bahan alami untuk perawatan lebih aman dan minim resiko. Anda bisa menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan seperti misalnya menggunakan yoghurt untuk masker wajah.

10. Perawatan Rutin di Malam Hari

Pada saat tidur kulit akan melakukan regenerasi kulit secara alami, Anda bisa mengoptimalkan proses regenerasi kulit dengan aplikasi bahan alami sebelum tidur untuk mendapatkan kulit yang halus dan sehat saat bangun di pagi hari.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah tanpa obat-obatan. Cara-cara diatas relatif aman, dan dapat membuat wajah terbebas dari keriput.

Baca juga :

Cara membersihkan pori-pori wajah secara aman dan nyaman

Membersihkan telingan tanpa memakai Cotton bud

Mencukur dengan aman dan nyaman terbukti praktis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: