Tips membersihkan keramik

Lantai keramik yang halus dan jernih mudah menampakkan noda dan kotoran. Anda perlu membersihkannya secara rutin

Ubin keramik sangat diminati untuk melapisi lantai dan dinding rumah karena penampilan dan kemudahan perawatannya. Mengepel lantai keramik cenderung lebih mudah daripada mengepel lantai dari material lain. Bahan keramik lebih licin daripada tegel sehingga mempercepat gerakan alat pel, namun tidak sensitif seperti marmer sehingga tidak memerlukan produk pembersih dan perawatan khusus.

s3

Membersihkan lantai keramik

Seperti dikatakan di atas, membersihkan lantai keramik tidak memerlukan cara khusus. Meskipun demikian, ada kiat-kiat tersendiri agar kegiatan membersihkan keramik di rumah lebih efektif dan hemat waktu serta tenaga, sebagai berikut:

  • Sapu seluruh permukaan lantai untuk menyingkirkan kotoran dan debu. Anda bisa memanfaatkan mesin penyedot debu untuk mempercepat pekerjaan.
  • Isi satu ember dengan air panas dan cairan pembersih keramik. Apa pun produk yang akan Anda gunakan, baca terlebih dulu petunjuk pemakaian pada labelnya dan ikuti instruksinya.
  • Pel lantai dan biarkan sampai kering secara alami. Anda bisa menggunakan kain lembut yang kering dan bersih untuk mengelap lantai yang telah dipel hingga kering.
  • Jangan menggunakan peralatan yang kasar, semisal sikat kawat, untuk membersihkan ubin keramik karena dapat menggores permukaannya.

Alat pel uap ampuh untuk menjaga lantai keramik Anda tampak bersih, bebas kuman, dan berkilau, serta membantu nat tidak kusam. Kalau Anda memiliki pembersih uap di rumah, gunakan seminggu sekali untuk membunuh bakteri di lantai.

Poin-poin kunci:

  1. Sebelum mulai membersihkan, sapu lantainya hingga bersih dari debu dan kotoran
  2. Hindari penggunaan alat-alat yang kasar atau tajam karena dapat menggores permukaan ubin keramik
  3. Gunakan produk pembersih lantai keramik untuk mengangkat lapisan kerak kapur di kamar mandi

Memakai pembersih kerak keramik untuk mengangkat kerak kapur

Ubin keramik di kamar mandi cepat menjadi kotor karena jamur, lumut, dan kerak kapur karena lokasinya yang selalu lembap terkena air, sabun, dan sampo. Anda bisa menggunakan pembersih kerak keramik, seperti Vixal, untuk mengangkat kotoran yang telah mengerak. Produk pembersih ini akan ampuh mengangkat kerak kapur dan kerak sabun. Baca aturan pemakaian pada kemasan produk pembersih dan ambil langkah-langkah keselamatan seperti mengenakan sarung tangan karet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: