Kisah Batik Indonesia yang Mendunia

Indonesia memang dikenal sebagai negeri yang penuh budaya. Batik adalah salah satu hasil kebudayaan asli Indonesia yang dikenal mendunia. Bukan saja dikenal karena macam-macam motif kain batik yang beraneka rupa, tapi sampai ketika dibuat baju batik pun modelnya sangat menarik. Wajar kalau kemudian banyak bangsa lain yang menaruh hormat pada hasil karya adiluhung bangsa ini.

Nah, tahukah kamu bagaimana kisah batik Indonesia hingga bisa terkenal ke seluruh dunia seperti sekarang?

1. Dikenal sejak Abad ke-6

Capture.JPG

Batik di Indonesia sudah tua umurnya. Menurut arkeolog G. P. Rouffaer, batik mulai dikenal di Indonesia sekitar abad ke-6 atau ke-7. Ketika itu, menurutnya, teknik batik diperkenalkan dari India atau Srilanka.

2. Ditemukan Pola Batik Gringsing di Abad ke-12
Capture1.JPG

Menurut penelitian, di abad ke-12 ditemukan pola batik gringsing di Kediri, Jawa Timur. Pola tersebut hanya dapat dibuat dengan memakai alat canting. Itulah mengapa G.P. Rouffaer mempercayai kalau canting ditemukan pada abad tersebut.

3. Mulai Mendunia di Tahun 1817

Capture2..JPG

Batik mulai dikenal dunia sekitar tahun 1817. Ketika itu, menurut buku History of Java, Sir Thomas Stamford Raffles memperkenalkan teknik batik ke Eropa. Ia sempat menjadi Gubernur Inggris di Jawa.

4. Batik di Tahun 1835

Capture3.JPG

Di tahun 1835, menurut sebuah sumber, Belanda membawa pembatik Indonesia untuk mengajarkan teknik batik pada sipir Belanda yang ada beberapa pabrik di Belanda.

5.Batik di Rotterdam tahun 1873
Capture4.JPG

Seorang saudagar Belanda bernama Van Rijekevorsel pernah memberikan selembar batik ketika datang ke Museum Etnik Indonesia di Rotterdam.

6. Dipamerkan di Paris tahun 1900

Capture5.JPG

Pada tahun 1900, batik sudah dipamerkan dalam ajang Exposition Universelle di Paris. Ketika itu batik Indonesia mendapat perhatian dari banyak seniman.

7. Batik Dipakai Nelson Mandela

Capture6.JPG

Tokoh asal Afrika Selatan, Nelson Mandela termasuk gemar yang memakai batik. Di berbagai kesempatan, ia kerap memakai pakaian jenis ini. Diceritakan bahwa Nelson Mandela pertama kali mendapat hadiah batik sewaktu mengunjungi Indonesia di akhir Oktober 1990. Tak disangka, ketika Mandela datang ke Indonesia di tahun 1997 sebagai Presiden Afrika Selatan, ia mengenakan batik.

8. Batik Koleksi Ibunda Obama

Capture7.JPG

Ibunda Barack Obama, Ann Dunham termasuk yang gemar mengkoleksi batik. Ia mendapatkan batik tersebut ketika melakukan penelitian tesis untuk studi doktoralnya di Yogyakarta sekitar akhir tahun 1980-an sampai awal 1990-an. Koleksi batik ibunda Obama ini pernah dipamerkan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles pada 31 Mei 2009.

9. Batik Dipakai Obama Juga

 barack-obama-susilo-bambang-yudhoyono-kristiani-herawati-lee-myung-bak-2011-11-18-9-10-37.jpg

Selain ibundanya, Barack Obama pun pernah memakai batik. Seperti ketika menghadiri East Asia Summit Indonesia 2011 di Nusa Dua, Bali. Ketika itu Obama mengenakan batik Bali. Begitupun ketika pergi ke Kamboja dan bertemu dengan sejumlah kepala negara ASEAN di tahun 2012, Obama juga mengenakan batik.

10. Batik Dipakai Xi Jinping
Capture8.JPG

Tidak ketinggalan, presiden China Xi Jinping pernah juga mengenakan batik. Batik yang dikenakannya terlihat sangat cocok dengan bentuk badannya.

11. Batik yang Dikenakan Ronald Reagan

Capture9.JPG

Di tahun 1986, presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan bertemu dengan Presiden Soeharto. Ketika itu ia nampak gagah dengan batik yang dikenakannya.

12. Bill Gates Memakai Batik
Capture10.JPG

Pendiri Microsoft, Bill Gates tak ketinggalan menjadi tokoh yang pernah memakai batik. Hal itu dilakukannya ketika pertama kali datang ke Indonesia pada bulan Mei 2008. Saat itu Bill Gates memakai batik dengan warna keemasan.

13. Batik sebagai Warisan Dunia

Capture12.JPG

Pada 2 Oktober 2009, lembaga PBB Unesco menetapkan batik sebagai warisan dunia. Ini merupakan sejarah penting bagi perkembangan batik hingga diakui sebagai budaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan oleh dunia. Kini tiap tanggal 2 Oktober diperingati juga sebagai Hari Batik Nasional.

Ya itulah kisah perjalanan batik hingga mendunia dan banyak dipakai orang. Memang perjalanan batik masih panjang. Kita tentu harus ikut menjaga dan melestarikannya. Tentu dengan membeli dan memilih batik asli Indonesia.

Source : http://www.satujam.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: