Cara Mencukur Bulu Kaki

Ada banyak alasan untuk mencukur bulu kaki, dan ada banyak juga alat dan cara untuk melakukannya. Mungkin Anda hanya ingin kaki Anda halus dan terlihat cantik. Atau mungkin Anda adalah pembalap sepeda profesional sehingga perlu memaksimalkan aerodinamika Anda. Apapun alasannya, faktanya proses mencukur bulu kaki adalah suatu hal yang canggung dengan sedikit kesulitan dan bahaya. Cara terbaik untuk mencukur kaki Anda bergantung pada seberapa banyak bulu yang ingin Anda cukur, seberapa cepat bulu Anda tumbuh, dan bagaimana Anda diajarkan (jika Anda pernah diajarkan). Jika Anda memerlukannya, kami bisa membantu Anda. Bacalah selengkapnya untuk mengetahui tips mendapatkan kaki yang halus dan lembut.

Capture

  • Pisau Cukur Sekali Pakai
1. Periksa pisau cukur Anda. Pastikan bersih, tajam dan tidak rusak. Jika rambut Anda sangat tipis, Anda bisa menggunakan pisau yang sama untuk beberapa kali penggunaan. Tapi jika rambut Anda tebal, Anda mungkin hanya bisa menggunakanya satu atau dua kali. Jika Anda tidak yakin, setelah Anda merasa pisau cukur mulai menarik bulu kaki Anda, maka inilah saatnya mengganti pisau cukur Anda dengan yang baru.
2. Mandi. Mandilah seperti biasanya sebelum bercukur. Biarkan rambut dan kulit Anda basah selama sekitar dua hingga empat menit, tapi tidak terlalu lama di dalam air panas sehingga folikel rambut Anda terbuka, sehingga Anda tidak bisa mencukur sampai ke ujung bulu Anda.
3. Duduk. Jika Anda sedang mandi, duduklah di ujung bak mandi, angkat salah satu kaki Anda ke diding, tekuk sehingga Anda bisa menyentuh pergelangan kaki Anda dengan mudah.
4. Oleskan krim pencukur atau krim kulit yang larut air. Cobalah mencari produk yang mengandung pelembab. Kandungan emolien akan membantu menghaluskan kulit, dan pilihlah produk tanpa parfum sehingga mengurangi resiko iritasi kulit. Menggunakan krim kulit larut air mungkin akan terasa lebih nyaman bagi kulit Anda dibandingkan dengan krim pencukur biasa; krim kulit juga membuat Anda tidak harus membeli produk cukur rambut khusus.
5. Mulai mencukur pergelangan kaki Anda. Mulai pada bagian paling bawah kaki Anda, dan dengan gerakan panjang ke atas cukur bulu kaki Anda. Jangan terburu-buru, hal yang lebih penting adalah membuat gerakan yang halus dan rata. Bilas pisau cukur Anda setelah beberapa saat – gunakan air panas lebih baik – untuk membersihkan dan menyingkirkan bulu yang menyumbat pisau, dan untuk memastikan pisau Anda selalu basah. Gerakkan pisau cukur Anda hingga ke paha, cukur juga bagian dalam dan luar paha Anda. Jangan lupa untuk membilas pisau cukur setiap beberapa saat.
6. Cukur kaki Anda. Dengan hati-hari, ulangi proses yang sama untuk kaki Anda yang lain – oleskan krim, cukur halus dan bilas. Cukur ujung kaki Anda, dan bagian atas telapak kaki Anda. Kulit telapak kaki Anda lebih tipis dibandingkan kulit kaki Anda yang lainnya, jadi berhati-hatilah agar tidak terluka.
7. Bilas. Setelah selesai mencukur satu kaki, bilaslah. Dan ulangi proses yang sama pada kaki Anda yang lain.
8. Periksa bagian yang belum tercukur. Gerakkan ujung jari Anda ke seluruh bagian kaki yang perlu Anda periksa. Jika ada bagian yang terlewat maka cukurlah bagian tersebut, kemudian lanjutkan pemeriksaan Anda. Setelah Anda puas dengan hasilnya, bilas kedua kaki Anda, keringkan dengan handuk, dan nikmati kaki Anda yang halus.
9. Beri pelembab. Gunakan minyak atau lotion setelah cukur, atau bahan obat lain untuk menenangkan kulit Anda, dan kurangi bintik kemerahan yang timbul akibat bercukur.
kanker-mematikan
  • Pisau Cukur Elektrik

1. Cuci kaki Anda. Lembabkan kaki Anda dan berdiri tegak, bersiaplah untuk bercukur.

2. Pastikan pisau cukur Anda bersih dan tajam. Pencukur yang kotor tidak akan mencukur sebaik pencukur bersih, dan bisa menarik bulu Anda sehingga terasa sakit dan akan meninggalkan bekas kemerahan. Selalu gunakan pencukur yang bersih!

3. Tekan perlahan pencukur ke kaki Anda. Pastikan seluruh bagian kepala pencukur bersentuhan dengan kaki Anda. Dengan begitu, Anda bisa mencukur hingga ke ujung bulu dengan sedikit luka. Anda tidak perlu menekan terlalu kuat saat bercukur – tekan lembut, dan biarkan pencukur bergerak mencukur bulu Anda. Jika Anda menekan terlalu kuat, Anda akan membuat bulu menjadi rata, sehingga hasilnya tidak akan rata dan bergelombang. Hal ini juga akan membuat pisau cukur tumpul lebih cepat. Sentuhan lembut akan mempermudah proses mencukur dan menghindari iritasi kulit.

4. Pegang pisau cukur rata di atas kulit Anda. Memegangnya dengan sudut tertentu akan menyebabkan iritasi kulit dan sisa bulu.

timthumb

  • Waxing

1. Tumbuhkan bulu Anda. Agar bisa bekerja, bulu Anda perlu cukup panjang agar wax bisa melekat ke kaki Anda. Biarkan bulu kaki Anda tumbuh hingga paling tidak sepanjang 1 cm.

2. Eksfoliasi kulit. Beberapa hari sebelum melakukan waxing, gunakan scrub tubuh untuk mengeksfoliasi kulit Anda. Lakukan ini sebelum waxing untuk mencegah masalah iritasi kulit.

3. Bedaki kaki Anda. Saat sebelum waxing, taburkan bedak atau bedak bayi ke kaki Anda. Bedak akan menyerap minyak dari kulit Anda, dan membuat wax menempel lebih udah di bulu kaki.

4. Panaskan. Panaskan wax seperti petunjuk dalam kemasanya. Pastikan untuk tidak memanaskannya dengan suhu yang terlalu tinggi, akibatnya wax akan membat kulit Anda terbakar dan terasa sangat sakit.

5. Siapkan kursi yang nyaman. Duduklah pada permukaan yang mudah dibersihkan. Proses waxing biasanya akan meninggalkan banyak sisa. Oleskan wax tipis-tipis secara merata. Pegang kuas pada sudut 90° dan oleskan wax searan dengan pertumbuhan bulu. Jangan lupa telapak kaki Anda juga!

6. Tarik! Pegangi kaki Anda dangan satu tangan dan tarik strip waxing dengan tangan yang lain. Tarik strip berlawanan dengan arah pertumbuhan bulu. Tarik dengan cepat – karena semakin lambat rasanya akan semakin sakit! Letakkan tangan Anda sedekat mungkin dengan kulit saat Anda menarik strip. rasa sakitnya akan berkurang. Bersihkan sisa wax. Tempelkan kain lembab di atas kaki Anda jika perlu, hal ini akan meredakan iritasi kulit Anda.

7. Bersihkan sisa wax dari permukaan kulit Anda. rendam bola kapas dengan minyak tubuh dan tempelkan pada kaki Anda.

8. Oleskan antiseptik. Setelah waxing, gunakan spray antiseptik topikal (yang mengandung asam salisilat) untuk membersihkan area kaki, menghentikan pertumbuhan bulu dan meredakan iritasi.

download.jpg

  • Penghilang Bulu Kimiawi

1. Pastikan kulit Anda bebas luka dan cedera. Bahan kimia akan melarutkan keratin di bagian dasar bulu. Kulit yang bersih akan membuat proses bercukur lebih mudah dilakukan karena minyak di kulit dan bulu akan menghambat kerja bahan kimia. Kulit tanpa luka akan mencegah timbulnya iritasi.

2. Lembutkan bulu. Tempelkan lap hangat ke kaki Anda untuk melembutkan bulu. Lembabkan bulu kaki Anda selama tiga hingga lima menit. Keringkan setelah selesai.

3. Oleskan krim dalam jumlah banyak, lapisi seluruh bagian bulu. Jangan oleskan ke kulit Anda. Obat penghilang rambut dirancang bekerja tanpanya.

4. Ikuti petunjuk dalam kemasan. Biarkan obat ini melapisi bulu kaki selama waktu yang disarankan. Jangan biarkan lebih lama dari yang disarankan – karena dapat mengiritasi kulit Anda bahkan membuatnya terbakar. Letakkan jam di dekat Anda agar tidak melewati batas waktunya. Jika kaki Anda terasa terbakar sebelum waktu yang disarankan, bilas dengan air.

5. Bersihkan. Setelah selesai bersihkan sisa produk dengan mengangkatnya dengan alat plastik jika tersedia dan bilas dengan air. Gunakan kain lembab dengan gerakan ke arah bawah. Cara ini akan mengangkat sisa bulu dan membersihkan kaki Anda sekaligus.

6. Hindari iritasi. Cobalah untuk tidak menggunakan produk atau perawatan yang keras setelah menggunakan krim penghilang bulu selama satu atau dua hari.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: