Obat Sakit Telinga Tradisional dan Paling Ampuh

Telinga merupakan salah satu alat panca indera yang memiliki fungsi penting bagi kehidupan manusia. Selain sebagai alat pendengar, telinga juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh. Akan tetapi saat menjalankan fungsinya, telinga juga dapat mengalami gangguan  atau kelainan. Salah satu penyakit pada telinga yang paling umum adalah telinga berdegung atau yang biasa disebut dengan tinnitus.

Tinnitus sendiri dapat disebabkan oleh penyakit seperti tumor otak. Selain menghindari berbagai macam makanan yang dapat memicu sakit telinga, berikut adalah obat sakit telinga tradisional yang bisa Anda manfaatkan.

Penyebab Sakit Telinga Paling Umum

Infeksi

Yang pertama adalah karena infeksi. Infeksi telinga umumnya dapat terjadi pada orang dewasa ataupun anak-anak. Infeksi telinga dapat berupa bisul yang terlihat pada liang telinga yang sakit. Sama halnya bisul pada umumnya, bisul telinga juga dapat pecah dan mengeluarkan cairan nanah. Umumnya hal ini dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi jika Anda merasa tak nyaman sebaiknya berobatlah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kotoran telinga

Sakit telinga juga dapat disebabkan karena kotoran telinga. Jika sakit telinga disebabkan karena kotoran telinga yang menumpuk dengan keras maka jangan coba-coba untuk mengatasinya dengan cotton bud. Hal ini dikarenakan dapat mendorong kotoran tersebut lebih jauh ke dalam dan malah dapat meruskan gendang telinga. Untuk mengatasinya dokter mungkin merekomendasikan obat tetes telinga untuk melunakkan kotoran sehingga dapat keluar secara alami.

Eksim pada liang telinga

Eksim pada telinga atau dermatitis seboroik juga merupakan penyebab sakit telinga yang paling umum. Penyakit ini mempengaruhi setiap area kulit yang secara alami berminyak, seperti telinga dan menyebabkan kulit menjadi iritasi, memerah, meradang dan bersisik.

Abses gusi

Penyebab berikutnya adalah karena abses gusi. Abses gusi merupakan suatu kondisi terdapat nanah yang terbentuk dalam gigi atau gusi akibat infeksi bakteri. Selain menyebabkan sakit kepala, kondisi ini juga dapat menyebabkan sakit telinga.

Cara mengatasi sakit telinga di rumah

Selain menggunakan bahan alami, Anda juga bisa mengatasi sakit telinga di rumah. caranya pun sangat mudah yaitu:

  1. Gunakan obat penghilang rasa nyeri. Yang pertama adalah dengan menggunakan obat penghilang rasa nyeri, seperti ibu profen, parasetamol ataupun aspirin. Akan tetapi untuk anak dibawah usia 16 tahun sebaiknya jangan menggunakan aspirin.
  2. Hindari penggunaan cotton bud. Ketika telinga sedang sakit, hindari mengorek-ngorek telinga dengan menggunakan cotton bud dan lindungi telinga jangan sampai kemasukan air.

Inilah obat sakit telinga paling ampuh

Minyak zaitun

Selain sangat berguna untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, minyak zaitun juga memiliki khasiat untuk mengobati sakit telinga yang Anda derita. Cara mengobati telinga dengan menggunakan minyak zaitun pun mudah, caranya hangatkan beberapa tetes minyak zaitun kemudian masukkan ke dalam botol yang sudah dibersihkan. Lalu teteskanlah minyak zaitun tersebut ke dalam telinga yang mengalami infeksi. Pemakain yang  teratur sangat efektif untuk menyembuhkan sakit telinga.

Bawang merah

Yang kedua adalah dengan cara menggunakan bawang merah. Kandungan sifat anti bakteri dalam merah sangat berguna untuk melawan bakteri penyebab sakit telinga. Cara membuat obat sakit telinga dengan menggunakan bawang merah sangatlah mudah, yaitu ambil beberapa buah bawang merah kemudian tumbuk hingga halus lalu campurkan dengan sedikit air. Jika  sakit telinga yang dirasakan akibat pembengkakan, Anda bisa mengoleskan tumbukan tersebut pada area luar telinga. Hal ini sangat bermanfaat untuk menguarangi rasa sakit yang diderita.

photo_2017-03-24_13-29-01.jpg

Kunyit

Obat sakit telinga selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit, daun iler dan juga biji mahoni. Haluskan ketiga bahan alami tersebut. Setelah itu panaskan 3 sendok makan minyak wijen pada api yang kecil. Setelah itu campurkan dan teteskan ke telinga jika ramuan tersebut sudah dingin.

photo_2017-03-24_13-29-05.jpg

Madu

photo_2017-03-24_13-29-10.jpg

Sudah menjadi rahasia umum jika madu memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan telinga. Sebelum menggunakan bahan alami ini,  bahan yang perlu dipersiapkan adalah madu dan juga air putih. Campurkanlah kedua bahan tersebut hingga tercampur, setelah itu Anda bisa menggunakannya sebagi obat tetes sakit telinga.

Bawang putih

photo_2017-03-24_13-30-07.jpg

Berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih juga merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Kandungan antibiotik alami pada bawang putih sangat baik untuk mengobati sakit telinga. Caranya,  rebus bawang putih yang sudah dicuci bersih setelah itu saringlah antara air rebusan dengan minyak bawang putih. Gunakan minyak bawang putih sebagai obat tetes telinga. Kandungan antibiotik pada bawang putih sangat berguna untuk mengatasi infeksi pada telinga.

Demikianlah ulasan mengenai obat sakit telinga tradisional dan paling ampuh.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: