CARA MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT SECARA ALAMI DAN CEPAT

Bekas jerawat sebetulnya merupakan proses penyembuhan dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan jerawat pada jaringan kulit. Selama proses ini, kulit memproduksi kolagen, suatu zat yang mendukung perbaikan jaringan kulit ternyata tidak cukup (atau terlalu banyak) kolagen yang dihasilkan, sehingga muncullah bekas jerawat. Kurangnya produksi kolagen membuat kulit menjadi tertekan dan berlubang, sedangkan kelebihan kolagen menyebabkan kulit menjadi terangkat dan muncul bintik-bintik dan flek hitam.

Secara kesehatan, bekas jerawat memang tidak mengganggu, akan tetapi dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Kebanyakan bekas jerawat sebetulnya akan memudar dengan sendirinya setelah beberapa bulan, namun ada cara tertentu yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat proses dan menghindari munculnya kembali jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang kita bahas kali ini tidak instant yang dapat membuat bekas jerawat hilang dalam sehari. Namun cara alami ini memiliki kelebihan dibanding memakai bahan kimia atau kosmetik, yakni biaya murah, mudah untuk diterapkan dan mudah untuk mendapatkan bahannya.

CARA MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT DENGAN MUDAH

Tidak perlu membutuhkan banyak biaya yang mahal untuk bisa menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa mencoba dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita. Beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat yang bisa anda lakukan dirumah yaitu, antara lain :

1. TOMAT : VITAMIN A UNTUK PENYEMBUHAN LUKA

AAEAAQAAAAAAAATQAAAAJGRlMDVjNmM5LWVjYTctNGExMy1hNzEyLTRlOWRlMDhhYzAwNQ

Tomat kaya akan Vitamin A dan Lycopene, yang membantu nutrisi dan meremajakan kulit. Vitamin A membantu penyembuhan luka pada kulit dan membantu pertumbuhan yang cepat dari sel-sel kulit yang baru, sehingga akan mengurangi bekas jerawat yang ada.

Caranya: siapkan tomat segar dan iris tipis. Letakkan irisan tomat tersebut pada area berjerawat, biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa membuat pasta dari tomat sebagai masker wajah. Blender 1 buah tomat, setelah lembut, oleskan merata ke wajah, tunggu selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini dua hari dalam setiap minggunya secara teratur.

2. MENGGUNAKAN PERASAN JERUK NIPIS

Air perasan jeruk nipis.jpg

Jeruk nipis mengandung asam alpha hidroksi alami (AHA) yang dapat digunakan untuk memudarkan bekas luka, meningkatkan penyembuhan dan meremajakan kulit.

Caranya adalah ambil beberapa jeruk nipis. Peras sebanyak satu hingga dua jeruk nipis. Kemudian gunakan air perasan tersebut ke wajah-wajah yang ada bekas jerawatnya. Biarkan sekitar 15 menitan kemudian bilas wajah denganair hingga bersih. Lakukan hal ini sekitar 3 kali dalam seminggu.

3. HOMEMADE SCRUB GULA

Manfaat-Scrub-Gula-dan-Cara-Membuatnya

Cara ini merupakan terapi untuk menyembuhkan bekas jerawat. Anda cukup menyediakan gula dan minyak zaitun untuk membuat scrub gula buatan sendiri. Gula murni mengandung asam glikolat dan AHA, yang berfungsi membersihkan sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel.

Caranya: campurkan 2 sendok gula (murni/organik) dengan 1 sendok minyak zaitun, kemudian tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis, lalu buat adonan menjadi scrub. Terapkan scrub gula tersebut pada bekas jerawat, biarkan selama sekitar lima belas menit, lalu cuci dengan air bersih. Lakukan setiap hari.

4. MADU : PELEMBAB ALAMI DAN MENGURANGI PERADANGAN

Manfaat Masker Madu untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Cara Membuatnya.jpg

Madu merupakan bahan sebagai pelembab alami, untuk membersihkan jerawat dan mengurangi bekas jerawat. Hal ini dikarenakan madu mengandung sifat antibakteri dan membantu menetralisir zat-zat yang ada di kulit serta mengurangi peradangan. Agar lebih efektif, sebaiknya anda menggunakan madu alami, bukan madu olahan yang sudah berbentuk produk.

Cara pakainya cukup mudah, anda dapat mengoleskan madu langsung ke daerah bekas jerawat 3x dalam sehari. Gunakan secara rutin hingga ada perubahan.

5. MENGGUNAKAN MINYAK ZAITUN

Jangan-Menggunakan-Minyak-Zaitun-untuk-Memasak-Dengan-Cara-Ini

Minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman dahulu. Selain bisa digunakan sebagai bahan untuk memasak, ternyata minyak zaitun juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Anda bisa membeli minyak zaitu kemasan di toko.

Cara pemakaiannya anda cukup oleskan minyak tersebut ke area bekas jerawat pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari. Lakukan hal ini secara rutin hingga bekas jerawat hilang

6. MENTIMUN: VITAMIN A DAN C UNTUK PERAWATAN KULIT WAJAH

Mentimun juga bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat yang masih aktif. Mentimun adalah bahan alami yang bagus untuk perawatan wajah. Tidak hanya baik untuk sayuran, mentimun mengandung vitamin A, vitamin C dan magnesium, yang bermanfaat baik untuk kulit anda.

Cara menggunakan mentimun untuk penyembuhan bekas jerawat, anda cukup membeli mentimun (organik), lalu potong beberapa irisan tipis. Kemudian letakkan irisan mentimun di kulit bekas jerawat dan luka. Setelah sekitar tiga puluh menit, ambil irisan mentimun tersebut dan bilas wajah dengan air bersih. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cucumber and slices isolated over white background

7. JUS KENTANG

Manfaat-Jus-Kentang-Mentah.jpg

Kentang kaya akan vitamin dan mineral. Selain sebagai sumber makanan, kentang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan penyembuhan luka.

Caranya: siapkan kentang segar, lalu potong tipis-tipis. Tambahkan air, lalu buatlah jus kentang (jangan terlalu encer). Setelah itu oleskan jus kentang tersebut ke bekas jerawat sambil melakukan pijatan lembut dan memutar. Biarkan dahulu selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini 3-5 kali dalam sehari.

8. LIDAH BUAYA MEREGENERASI KULIT

Lidah buaya adalah yang sumber vitamin potensial yang dapat membantu untuk menyembuhkan bekas jerawat dan luka, serta meregenerasi kulit. Gelnya yang lembut, tidak akan merusak kulit anda. Lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai pelembab alami, yang menjadikan kulit menjadi lembut dan sehat.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, potong lidah buaya sesuai kebutuhan, kupas kulitnya dan peras gel yang ada di dalamnya. Setelah mendapatkan cukup gel lidah buaya, oleskan ke daerah bekas jerawat dengan melakukan pijatan-pijatan lembut. Biarkan selam kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya3

9. BAKING SODA

Baking soda adalah item rumah tangga yang banyak manfaat, termasuk kemampuannya untuk membantu menyembuhkan bekas luka. Baking soda terdiri dari kristal natrium bikarbonat yang lembut berfungsi untuk pengelupasan kulit bila digunakan sebagai scrub pembersih.

baking-soda-480x373.jpg

Caranya: campurkan 2-3 sendok teh baking soda dengan cukup air untuk membuat pasta kental. Setelah itu oleskan merata ke are bekas jerawat kemudian lakukan pijatan lembut secara memutar. Biarkan dahulu selama satu atau dua menit, agar baking soda bekerja membersihkan pori-pori dan menghilangkan noda pada kulit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan hal ini ini sekali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

10. MINYAK POHON TEH UNTUK BEKAS JERAWAT

Minyak pohon teh adalah antiseptik yang sangat baik, antibakteri, anti jamur dan antivirus. Tidak hanya untuk bekas jerawat, minyak pohon teh juga merupakan obat alami untuk jerawat yang masih aktif. Minyak pohon teh memilki efek anti-inflamasi yang akan membantu untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain itu memberikan kelembaban.

capture-20161229-103436.jpgCaranya: Siapkan minyak pohon teh (bisa anda beli di supermarket). Campurkan 2-4 tetes minyak dengan 1-2 sendok makan air bersih. Oles perlahan ke area bekas jerawat menggunakan bola kapas. Biarkan selama 1-2 jam, lalu bisa anda bilas dengan air bersih. Ulangi hal ini 2 – 3 kali dalam sehari.

11. MENGGUNAKAN TEH HIJAU + ES BATU

Cara menghilangkan bekas jerawat yang terakhir adalah menggunakan es teh hijau. Es batu adalah bahan alami yang sangat sederhana yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat, kulit yang meradang dan mengurangi kulit kemerahan pada wajah.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Buatlah teh hijau lalu hanya bungkus dengan plastik. Taruh di dalam lemari es dan jadikan es batu. Setelah menjadi es, oleskan dan taruh es tersebut di area luka selama sekita 1-2 menit hingga kulit terasa mati rasa. Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang melengkapi efek pendingin es. Lakukan hal ini setiapp hari untuk hasil yang maksimal.

12. PUTIH TELUR

Putih telur bermanfaat untuk memperbaiki lapisan kulit dan membantu memulihkan bekas jerawat. Putih telur mengandung protein dan asam amino yang dapat mengencangkan pori-pori untuk mencegah munculnya jerawat baru

Caranya: Siapkan 1 telur dan ambil putihnya saja. Aduk hingga merata. Lalu oleskan ke daerah bekas jerawat. Biarkan dahulu hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini 2-3 tiga kali tiap minggunya. Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan minyak zaitun dan air hangat untuk mencuci muka dari putih telur.

13. COCONUT OIL / MINYAK KELAPA

Minyak kelapa adalah salah satu pelembab alami terbaik yang dapat memulihkan kulit dari bekas jerawat maupun luka lainnya.

Caranya: tuang seperempat sendok teh minyak kelapa ke telapak tangan. Dengan ujung jari, oleskan lembut ke bekas jerawat dan biarkan sejenak agar meresap. Tunggu 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih, Lakukan hal ini setiap hari hingga hasil terlihat.

14. BUBUK KUNYIT DAN DAUN MINT

Kunyit memiliki sifat anti-bakteri & daun mint memiliki sifat penyembuhan. Dengan cara ini, jika keduanya digabung, anda dapat mengatasi masalah bekas jerawat dengan mudah.

Caranya: Ambil 2 sdt bubuk kunyit dan satu helai daun mint, lalu hancurkan dan aduk hinggat merata. Tambahkan sedikit susu agar bisa menjadi pasta. Setelah itu oleskan ke daerah bekas jerawat, tunggu hingga 20 menit. Lalu cuci dengan air hangat. Lakukan hal ini rutin 2 kali sehari hingga bekas jerawat menghilang.

15. JUS YOGHURT & MENTIMUN

Yoghurt mengandung laktat korosif, yang memiliki alami asam alpha hydroxy bermanfaat untuk regenerasi kulit & menutup bekas jerawat. Sedangkan mentimun kaya Vitamin A, B1, C yang membantu kulit dalam mengurangi bekas jerawat.

Caranya: Buatlah jus mentimun secukupnya jangan terlalu encer, lalu tambahkan yoghurt. Terapkan campuran juice tersebut pada bekas jerawat, biarkan selama 15-20 menit. Lalu cuci dengan air biasa. Anda bisa menggunakan campuran juice ini 2x sehari hingga bekas jerawat sembuh.

16. JUS PEPAYA

Cara menghilangkan bekas jerawat yang berikutnya yakni menggunakan pepaya. Pepaya mengandung vitamin A yang bertindak sebagai antioksidan & papain yang memecah protein tidak aktif serta menghilangkan sel kulit mati. Pepaya adalah buah yang bagus untuk perawatan kulit, mengencangkan & anti-penuaan dini, serta membantu untuk mengurangi bekas luka, bintik-bintik hitam & regenerasi sel kulit.

Caranya: Buatlah jus pepaya secukupnya (jangan terlalu encer). Lalu terapkan jus tersebut ke bekas jerawat. Biarkan selama 5-10 menit. Lalu cuci dengan air biasa. Anda bisa menggunakan cara ini 2x dalam sehari. Ulangi proses ini hingga bekas jerawat menghilang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: