Bahaya Akibat Mencabut Bulu Ketiak Bagi Kesehatan

Kecantikan adalah salah satu senjata utama bagi para kaum wanita. Banyak wanita menganggap bahwa kecantikan dapat terpancar melalui kondisi fisik atau tubuh mereka. Bahkan banyak wanita yang rela melakukan banyak hal untuk mempercantik diri mereka dan melakukan berbagai cara agar dapat memiliki tubuh yang cantik dan menarik.

Salah satu elemen yang dianggap penting dalam menambah pesona dan daya tarik dari tubuh seorang wanita adalah dengan mulusnya bagian – bagian kulit dari bulu – bulu halus. Bulu – bulu pada kulit, terutama bagian kaki dan lengat adalah hal yang sangat wajar tumbuh tidak hanya pada pria, namun juga pada wanita. Maka dari itu, banyak wanita yang melakukan perawatan dengan cara melenyapkan bulu – bulu tersebut dengan cara mencabutnya, ataupun melakukan waxing.

Salah satu target operasi dari waxing atau pencabutan bulu ini adalah bul – bulu yang berada pada bagian ketiak. Memang, tumbuhnya bulu pada bagian ketiak akan sangat mengurangi penampilan, terutama ketika mengenakan pakaian dengan lengan terbuka. Maka dari itu, banyak wanita yang mencabuti bulu ketiak dengan rutin. Hal ini dilakukan agar bagian ketiak terlihat mulus dan menarik, terutama ketika mengenakan pakaian yang memiliki lengan pendek.

cara-memutihkan-ketiak-hitam-001.jpg

Namun demikian, muncul sebuah wacana, apakah mencabuti bulu ketiak aman bagi kesehatan tubuh? Ternyata beberapa penelitian menunjukkan bahwa hobi mencabuti bulu ketiak, terutama sampai habis ke akarnya memiliki bahaya bagi kesehatan. Apa saja? Mari kita simak :

1. Mencabuti bulu ketiak akan menimbulkan luka yang tak kasat mata

Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan adalah munculnya luka yang tak kasat mata ketika anda melakukan ritual mencabuti bulu ketiak ini. Luka ini mungkin tidak akan menjadi masalah apabila terjadi pada bagian kaki. Namun perlu diingat, bagian ketiak merupakan bagian yang rajin mengeluarkan keringat tubuh. Keringat – keringat tubuh tersebut sudah pasti mengandung kuman – kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Dengan adanya kuman dan bakteri pada ketiak yang mengalami luka tak kasat mata, maka kemungkinan untuk terjadi infeksi pun akan semakin tinggi, dimana infeksi dapat menimbulkan luka yang lebih besar dan membuat ketiak anda menjadi sakit dan perih.

2. Mencabuti bulu ketiak berarti melebarkan jalan masuk toxin dan racun ke dalam tubuh.

Bagaimana hal ini dapat terjadi? Ternyata, ketika anda mencabuti bulu ketiak anda hingga ke akarnya, selain menimbulkan luka tak kasat mata, hal ini juga akan bereaksi pada membesarnya pori – pori di daerah sekitar ketiak anda. dengan membesarnya pori – pori di area ketiak, sudah bisa dipastikan jalan masuk bagi toksin dan racun ke dalam tubuh akan menjadi semakin lebar.

Hal ini dapat menyebabkan hal – hal berikut :

  • Pembengkakan pada bagian ketiak karena infeksi
  • Infeksi pada bagian ketiak
  • Iritasi pada sel – sel yang berada pada bagian sekitar ketiak
  • Memungkinkan terjadinya pendarahan.

Ke – 4 dampak tersebut terjadi hanya ketika racun – racun masih berada pada bagian ketiak saja. Perlu anda ketahui, pada area sekitar ketiak terdapat banyak kelenjar getah bening, yang dapat menjadi alat transportasi bagi toksin atau racun untuk menyebar ke seluruh tubuh. Racun dan toksin tersebut dapat dengan mudah bertransportasi, dan menyebar ke seluruh anggota tubuh, dan menyebabkan infeksi – infeksi pada bagian vital, seperti :

  • Jantung
  • Paru – paru
  • Otak

3. Mencabuti bulu ketiak memiliki resiko terjadinya kanker payudara.

Bagaimana hal ini dapat terjadi? Ternyata racun dan toksin yang masuk melalui ketiak akan mengendap dan menumpuk pada bagian payudara, yang letaknya berdekatan dengan bagian ketiak. Hal ini tertuama dapat terjadi pada penggunaan deodorant yang dapat membuat racun – racun tersebut bertahan dan mengendap, sehingga dapat menimbulkan kanker payudara.

4. Pembengkakan dan kanker kelenjar getah bening

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pada area sekitar ketiak terdapat banyak sekali kelenjar getah bening. Selain dapat mentransportasi racun atau toksin yang masuk ke dalam tubuh, kelenjar getah bening pun dapat mengalami pembengkakan dan muncul sel kanker.

Ketika kelenjar getah bening sudah terinfeksi dengan sel kanker, maka sel kanker tersebut dapat dengan mudah berpindah tempat dan menyebar, sehingga malahan menjadi berkembang di organ – organ tubuh lainnya.

Tips Merawat Bulu Ketiak Agar Tidak Berbahaya

Memang, dengan membiarkan bulu pada ketiak tumbuh lebat akan sangat mengganggu dan tidak nyaman. Selain itu juga dapat mengurangi rasa percaya diri pada anda. Nah, apabila bulu ketiak memang sudah tumbuh dan membuat diri anda tidak nyaman, apa yang harus dilakukan?

  1. Yang harus dilakukan pertama kali adalah jangan pernah mencabuti bulu ketiak, dan jangan melakukan proses waxing pada bulu ketiak anda.
  2. Gunakanlah gunting kecil, atau gunting khusus bulu ketiak untuk memotongnya. INGAT, cukup memotong bulu ketiak saja, jangan memangkas habis hingga ke akarnya.
  3. Apabila sudah terlanjur mencabut hingga ke akarnya, hindari penggunaan deodorant secara berlebiham agar deodorant tidak menjadi racun yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Selalu beri perhatian lebih pada bagian ketiak anda ketika mandi. Cucilah dengan sabun hingga bersih.

Itulah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kebiasaan buruk anda dalam mencabuti bulu ketiak. Munngkin dengan mencabuti bulu ketiak akan sangat meningkatkan kepercayaan diri anda, namun ternyata, efeknya sangat berbahaya dan tidak baik bagi tubuh anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Lainnya: Personal Care dibutuhkan saat ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: